User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu

Tidak ada

[ View the whole list ]


User online terbanyak adalah 6 pada Sun Nov 05, 2017 1:52 pm
Pencarian
 
 

Display results as :
 


Rechercher Advanced Search

Top posting users this week


Indonesia Darurat Sampah !!!

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Indonesia Darurat Sampah !!!

Post by RizqurRahman on Tue Nov 07, 2017 2:41 pm

KOMPAS.com - Persoalan sampah di perkotaan tak kunjung selesai. Tingginya kepadatan penduduk membuat konsumsi masyarakat pun tinggi. Di sisi lain, lahan untuk menampung sisa konsumsi terbatas.
Persoalan semakin bertambah. Sampah konsumsi warga perkotaan itu ternyata banyak yang tidak mudah terurai, terutama plastik. Semakin menumpuknya sampah plastik menimbulkan pencemaran serius. Kondisi ini disadari sebagian masyarakat dengan menumbuhkan upaya pengurangan sampah plastik.

Kantong plastik baru dapat mulai terurai paling tidak selama lebih dari 20 tahun di dalam tanah. Jika kantong plastik itu berada di air, akan lebih sulit lagi terurai.

Hasil riset Jenna R Jambeck dan kawan-kawan (publikasi di www.sciencemag.org 12 Februari 2015) yang diunduh dari laman www.iswa.org pada 20 Januari 2016 menyebutkan Indonesia berada di posisi kedua penyumbang sampah plastik ke laut setelah Tiongkok, disusul Filipina, Vietnam, dan Sri Lanka.

Menurut Riset Greeneration, organisasi nonpemerintah yang 10 tahun mengikuti isu sampah, satu orang di Indonesia rata-rata menghasilkan 700 kantong plastik per tahun. Di alam, kantong plastik yang tak terurai menjadi ancaman kehidupan dan ekosistem (Kompas, 23 Januari 2016).

Data hasil riset tersebut diperkuat oleh kenyataan akhir-akhir ini di sekitar masyarakat Indonesia. Di Kota Banda Aceh misalnya, sampah yang dihasilkan setiap harinya juga sangat banyak.

Di ibu kota Aceh ini, sampah yang dihasilkan per harinya mencapai 200 ton. Karena itu, Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal mengaku bersyukur pemerintah pusat bisa memberikan bantuan alat pengelolaan sampah. (Baca: 12 Pemda Dapat Hibah Rp 115 Miliar).

"Sampah yang dihasilkan 200 ton. Sampah-sampah ini menghasilkan gas," ujar Illiza kepada Kompas.com, di Jakarta, Senin (25/1/2016).

Kondisi ini menjadi salah satu pemicu Indonesia dalam kondisi darurat sampah. Namun, tidak semua masyarakat menyadari kondisi ini.


Sampah dan limbah menjadi permasalahan yang membutuhkan solusi kreatif.
Sampah dan limbah menjadi permasalahan yang membutuhkan solusi kreatif. (Thinkstock)
Kesadaran
Salah satu usaha mengurangi sampah plastik adalah dengan menghemat penggunaan kantong plastik. Caranya membawa kantong plastik belanja sendiri sejak dari rumah.

Hasil jajak pendapat Kompas menunjukkan tiga dari lima responden mengakui perlunya membawa kantong belanja sendiri untuk mengurangi limbah plastik. Beberapa warga bahkan sudah membawa kantong belanja sendiri saat berbelanja ke mal.

Dirunut ke belakang, perilaku mengelola sampah plastik cenderung dipengaruhi oleh tingkat pendidikannya. Semakin tinggi pendidikan, semakin banyak yang menyetujui kebiasaan ini.

Separuh lebih responden berpendidikan tinggi setuju dengan kebiasaan ini, sedangkan responden berpendidikan menengah di angka sekitar 40 persen.

Hal itu berbeda dengan warga berpendidikan rendah (SLTP ke bawah). Responden berpendidikan dasar yang setuju dengan kebiasaan ini persentasenya tidak mencapai 10 persen.

Kesadaran mengurangi plastik pun terlihat dari sisi usia. Responden berusia muda, yaitu di bawah 35 tahun, cenderung lebih sadar lingkungan.

Hal itu seperti dituturkan oleh Gigih (20), seorang mahasiswa di Bandung. Dia menyadari kalau kantong plastik merupakan limbah yang harus dikurangi dan dapat mencemari lingkungan.

Oleh karena itu, setiap kali berbelanja di supermarket, ia sering membawa kantong belanja sendiri. Pengetahuannya soal perlunya menjaga lingkungan kebanyakan diakses dari internet dan pergaulan di kampus.
Sumber :http://properti.kompas.com/read/2016/01/27/121624921/Indonesia.Darurat.Sampah.
avatar
RizqurRahman
Moderator

Jumlah posting : 4
Join date : 05.11.17
Age : 20
Lokasi : Banjarmasin

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indonesia Darurat Sampah !!!

Post by ɹɐʍsɐ on Tue Nov 07, 2017 3:32 pm

mungkin saatnya pemerintah mensosialisasikan bank sampah.. paling tdk tiap2 daerah ada bank sampah https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_sampah
avatar
ɹɐʍsɐ
Admin

Jumlah posting : 11
Join date : 05.11.17
Lokasi : 127.0.0.1

Lihat profil user http://intelektualmuda.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indonesia Darurat Sampah !!!

Post by Atma Maulana Anhar on Tue Nov 07, 2017 8:16 pm

di kampus-kampus sudah ad masuk , tpi belum semua . Masyarakat juga masih "tabu" dalam menyikapi bank sampah. mungkin terlalu cuek dengan hal semacam itu kebanykan masyarkat taunya sampah ya d buang , dipinggir jalan maupun di penampungan sampah akhir . "termmasuk ane suka buang sampah sembarangan" hahahahaha Laughing lol!
avatar
Atma Maulana Anhar
Admin

Jumlah posting : 17
Join date : 05.11.17
Age : 23
Lokasi : Banjarmasin - Samarinda

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indonesia Darurat Sampah !!!

Post by RizqurRahman on Tue Nov 07, 2017 11:03 pm

Saatnya pemuda bergerak haha
avatar
RizqurRahman
Moderator

Jumlah posting : 4
Join date : 05.11.17
Age : 20
Lokasi : Banjarmasin

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indonesia Darurat Sampah !!!

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik